Pages

Friday 27 March 2015

Tips Cara Membuat Teh Tanpa Kafein

Orang-orang saat ini sudah semakin perhatian terhadap asupan kafein mereka. Bagi sebagian orang, kafein membuat mereka menjadi gugup, gelisah, cemas, dan tidak bisa tidur. Selain membeli teh tanpa kafein, Anda sebenarnya dapat membuat teh tanpa kafein sendiri, tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya yang kadang-kadang digunakan dalam proses dekafeinasi.

Jumlah kafein yang terkandung pada teh akan tergantung pada faktor-faktor seperti apakah teh tersebut teh hitam, teh hijau, atau teh putih; asal daun teh; dan suhu dan metode penyeduhan minuman teh. Juga, beberapa jenis teh hijau bisa mengandung lebih banyak kafein dibandingkan jenis teh hitam, yang hal ini bisa mengejutkan bagi banyak orang. Jika Anda sensitif terhadap kafein, tindakan bijaksana jika Anda membuat sendiri teh Anda dengan teknik yang membuatnya menjadi minuman tanpa kafein.

Proses membuat teh tanpa kafein merupakan hal yang sederhana dan tidak memerlukan bahan kimia. Karena kafein larut dalam air, kebanyakan kafein dilepaskan dari daun teh dalam waktu kurang dari satu menit seduhan. Jika Anda ingin membuat teh tanpa kafein secara alami, Anda hanya perlu menuangkan air mendidih ke dalam cangkir yang berisi daun teh, dan membuang teh yang pertama kali diseduh, setelah daun teh direndam selama sekitar 30-45 detik. Hasilnya, Anda "membilas" kafein dari daun teh, dan membuang kafein, bersama dengan secangkir teh pertama, ke wastafel. Selanjutnya, gunakan air mendidih yang sama untuk menyiapkan teh seperti biasa.

Ketika membuat teh tanpa kafein sendiri di rumah, Anda harus memastikan bahwa Anda menggunakan daun teh loose-leaf, bukan teh kantong. Daun teh loose-leaf dapat digunakan beberapa kali tanpa kehilangan banyak rasa, sedangkan teh kantong yang dibeli dari supermarket sering kehilangan rasa setelah dicelup. Anda jangan sampai merendam teh terlalu lama untuk melepaskan kafein, atau Anda juga akan kehilangan banyak rasa teh.

Penting untuk diingat, baik Anda membuat teh tanpa kafein sendiri atau membeli teh decaf, pada kenyataannya, masih akan ada kafein yang tertinggal dalam teh. Bila Anda membuat teh tanpa kafein sendiri, Anda menyingkirkan sekitar 80% kafein dari dalam teh hitam. Ketika Anda membeli teh tanpa kafein komersial, 75-90% kafein akan dihilangkan. Jika Anda ingin minuman yang benar-benar bebas kafein, Anda lebih baik minum teh herbal, yang juga disebut sebagai tisane, yang tidak mengandung kafein sama sekali.