Pages

Friday 27 March 2015

Teh Melati: Teh dengan Aroma Harum Menyegarkan

Teh melati adalah teh yang beraroma sangat kuat karena telah dicampur dengan bunga melati. Selain memberikan aroma bunga yang semerbak, melati menambahkan kesan halus pada teh yang disenangi oleh banyak orang. Teh melati dapat diperoleh dari toko besar atau toko-toko khusus teh. Banyak orang yang mungkin akrab dengan teh melati karena sering mengunjungi restoran Cina .

Tergantung pada jenisnya, teh melati dapat terbuat dari teh hijau atau teh oolong. Oolong melati sangat umum, dengan rasa ringan yang kaya dan juga cenderung nyaman di perut. Banyak restoran menawarkan teh oolong melati karena alasan ini. Yang lebih jarang, teh hitam digunakan sebagai bahan dasar. Rasa teh hitam cenderung mengalahkan melati, namun, teh hitam cenderung sangat tanik.

Teh melati cukup ringan untuk dikonsumsi dalam keadaan polos, meskipun beberapa orang menambahkan sedikit gula sehingga menghasilkan teh yang manis.

Untuk membuat teh melati, bunga melati dipanen pada puncak mekar mereka dan kemudian dicampur dengan teh dalam kondisi kelembaban dan suhu yang dikontrol dengan hati-hati. Setelah bunga melati kering, mereka menambahkan rasa unik pada teh, dan kadang-kadang dipemeram untuk menghasilkan teh melati yang sangat kuat. Setelah tahap proses ini, teh dipanaskan lagi untuk menghilangkan kelembaban, dan kemudian dapat dikemas untuk dijual.

Konsumen dapat menemukan bunga melati yang tersisa di dalam teh. Fungsi ini murni sebagai hiasan, bunga-bunga pada dasarnya tidak berbau dan hambar setelah proses selesai. Namun, mereka dapat terlihat cantik di dalam air teh.

Teh melati terbaik adalah yang berjenis loose-leaf, karena mencakup seluruh daun, dan tidak tercampur tangkai atau batang. Idealnya teh ini harus diseduh dalam teko dan disaring sebelum disajikan, meskipun banyak orang lebih suka menggunakan tea-ball karena lebih mudah diseduh. Baik teh oolong dan teh hijau harus diseduh sebentar saja, karena mereka dapat menghasilkan rasa pahit bila diseduh lama, dan air harus tepat di bawah titik didih untuk menghasilkan rasa dan aroma terbaik.